Cara menghitung kebutuhan kalori orang dewasa

Berbeda dengan FAO yang menyarankan orang dewasa rata-rata harus mengonsumsi minimal kalori per hari. Baca Juga: Dengan adanya energi yang cukup, rutinitas harianmu juga akan berjalan lancar. Jika kamu berjalan cepat, bersepeda, melakukan yoga, berdansa dan sejenisnya, ini tergolong aktivitas fisik sedang.

Cara Hitung Kalori Makanan untuk Tubuh

Kamu tinggal memasukkannya ke dalam serangkaian perhitungan di bawah ini: Laki-laki berusia tahun dengan berat badan 60 kg dan tinggi cm membutuhkan energi kkal per hari. Energi yang dibutuhkan anak tak hanya untuk beraktivitas, namun juga untuk mendukung tumbuh kembangnya. Tetapi jika Anda mengonsumsi kalori kurang dari kebutuhan Anda, maka akan terjadi penurunan berat badan sekaligus penurunan fungsi organ-organ dalam tubuh karena tidak mendapat asupan yang seharusnya.

Semakin tinggi dan besar tubuhmu, semakin banyak pula kalori yang kamu butuhkan. Berikut penjelasan singkatnya: Untuk memudahkan, Kementerian Kesehatan pernah melansir cara menghitung jumlah kalori yang kita butuhkan dalam cara yang sangat sederhana, yakni hanya berdasarkan jenis kelamin serta tinggi badan kita.

Berapa Banyak Kalori yang Anda Butuhkan Per Hari?

Berat dan tinggi badan adalah faktor yang sangat bervariasi pada tiap orang. Kalori dalam makanan dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi untuk beraktivitas. Sebetulnya bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori sehari-hari?

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Tubuh per Hari

Rumus Harris-Benedict: Guna menjaga berat badan, kamu mungkin sudah mengetahui apa saja makanan rendah kalori yang perlu dikonsumsi dan makanan tinggi kalori yang perlu dihindari. Tinggi dan Berat Badan Ketika menerapkan cara menghitung kebutuhan kalori, kamu membutuhkan angka dari berat dan tinggi badan.

Sedangkan wanita dewasa membutuhkan kilo kalori hingga kilo kalori. Penumpukan lemak kemudian berujung pada penambahan berat badan dan beragam masalah kesehatan.

Kebutuhan energi setiap orang berbeda-beda tergantung pada aktivitas, usia dan jenis kelaminnya. Besarnya KKB, yang sering juga disebut laju metabolisme, dapat diperkirakan menggunakan perhitungan khusus yang akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.Nah, sebelum Anda bisa menghitung kebutuhan kalori tubuh Anda per hari, Anda harus bisa dulu mengetahui berapa BMR (basal metabolic rate) Anda.

BMR itu adalah energi/kalori yang dibutuhkan selama sehari, dalam kondisi istirahat (nggak ngapa-ngapain).Author: Mufakir Ahmad. Sedangkan wanita dewasa membutuhkan kilo kalori hingga kilo kalori.

Lain halnya dengan anak, kebutuhan energinya berbeda-beda sesuai dengan usianya. Energi yang dibutuhkan anak tak hanya untuk beraktivitas, namun juga untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori untuk Berat Badan Ideal

Berbagai cara menghitung kebutuhan kalori setiap hari. Ada beberapa cara menghitung kebutuhan kalori Anda, yaitu: Rumus Harris-Benedict: rumus ini termasuk rumus yang sering dipakai oleh ahli gizi.

Rumus Harris-Benedict memperhitungkan usia, jenis kelamin. Cara menghitung kebutuhan kalori dipengaruhi oleh tinggi dan berat badan serta laju metabolisme - OkayDoc Kebutuhan kalori total setiap orang berbeda-beda. Angka ini bergantung pada sejumlah faktor, seperti usia, berat dan tinggi badan, hingga aktivitas fisik yang dilakukan vsfmorocco.com: Diah Ayu Lestari.

Menghitung kalori biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Tapi sebenarnya teknik ini juga penting dilakukan oleh kita semua untuk memantau asupan kalori makanan kita agar tak kurang dan tak juga terlalu berlebihan setiap vsfmorocco.com: @Kumparansains.

ยท > Metode 1 Total energi adalah kalori /kgBB/hari yang disesuaikan dengan aktifitas.

Cara menghitung kebutuhan kalori orang dewasa
Rated 3/5 based on 62 review