Pertambahan berat badan sapi bali

Jenis ini telah disilangkan dengan sapi Madura, keturunannya disebut Peranakan Ongole PO cirinya sama dengan sapi Ongole tetapi kemampuan produksinya lebih rendah. Penimbangan dilakukan pada pagi hari sebelum pemberian pakan pagi.

Pemberian vaksin cukup dilakukan pada saat sapi berada di kandang karantina.

TERNAK SAPI BALI

Dri hasil penelitian juga ditemukan bahwa urutan pemberian konsentrat lebih dahulu sebelum makanan utama hijauan lebih efektif untuk meningkatkan berat badan karena pemberian konsentrat lebih dahulu bertujuan untuk memberikan energi yang lebih besar kepada mikroba rumen untuk mencerna makanan pokok rumput, dsb.

Pelatihan ini meliputi knowledge pertambahan berat badan sapi bali kepada peternak dalam memilih bibit sapi potong. Bioplus Bali 18 ,51 ,08 ,41 ,72 ,33 58,83 Teknologi introduksi: Mempunyai ciri berwarna hitam bervariasi dengan warna merah bata dan putih, terdapat warna putih pada moncong kepalanya, tubuh berukuran besar dan mempunyai tingkat produksi yang baik.

Tujuan dan Kegunaan 1. Pemotongan ternak harus dilakukan secepat mungkin, dan rasa sakit yang diderita ternak diusahakansekecil mungkin dan darah harus keluar secara tuntas.

Bahan pakan sapi potong ini dapat diaplikasikan pada penggemukan semua sapi potong seperti sapi ongole, sapi bali, dan sapi madura agar daging konsumsinya banyak dan berkualitas. Sapi yang digemukkan secara intensif akan menghasilkan kotoran yang banyak karena mendapatkan pakan yang mencukupi, sehingga pembuangan kotoran harus dilakukan setiap saat jika kandang mulai kotor untuk mencegah berkembangnya bakteri dan virus penyebab penyakit.

Daerah ini memiliki potensi cukup besar untuk pengembangan ternak sapi potong karena dukungan sumberdaya lokal berupa pakan hijauan, limbah pertanian, ramban, dan lain-lain cukup tersedia.

Karena pakan merupakan sumber zat gizi, ternak sapi tidak saja perlu pakan dalam jumlah yang cukup kuantitasnya namun juga diperlukan pakan yang berkualitas. Ciri-ciri sapi potong tipe pedaging adalah sebagai berikut: Volume penggunaanya lebih hemat dibandingkan pupuk kompos. Dampak aplikasi pupuk organik ini cukup menggembirakan pada tanaman bawang merah.

Dianjurkan pemberian leguminosa perlu dicampur dengan pakan sumber energy dalam level yang tepat sehingga penggunaan protein oleh ternak menjadi optimal. Pada kandang individu, setiap sapi menempati tempatnya sendiri berukuran 2,5 X 1,5 m. Cirinya berwarna merah dengan warna putih pada kaki dari lutut ke bawah dan pada pantat, punggungnya bergaris warna hitam garis belut.

Dalam pengendalian penyakit, yang lebih utama dilakukan adalah pencegahan penyakit daripada pengobatan, karena penggunaan obat akan menambah biaya produksi dan tidak terjaminnya keberhasilan pengobatan yang dilakukan.

Atraksi tersebut bahkan mampu menarik minat wisatawan manca negara untuk menonton. Untuk menjaga kebuntingan, sapi bunting harus dipisahkan dari sapi lainnya. Obyeknya adalah sapi Simental jantan berumur sekitar 1 tahun, dan sapi Bali dengan beberapa tingkatan umur.

Vitamin Sapi Oleh karena itu PT. Propinsi Riau juga telah mengembangkan ternak sapi potong dengan perkembangan yang cukup memberikan harapan. Ujung Pandang. Perlu penelitian lebih lanjut dengan menggunakan level energi yang lebih tinggi dan dari jenis bahan pakan yang berbeda pula.

Pemeliharaan dengan manajemen yang baik membuat sapi tumbuh dengan sehat dan cepat membentuk daging, sehingga masa penggemukan menjadi lebih singkat. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Riau. IPB Press: Mempunyai ciri berpunuk, berwarna kuning hingga merah bata, terkadang terdapat warna putih pada moncong, ekor dan kaki bawah.

Sabrani, Selain itu juga sapi Aceh yang banyak diekspor ke Malaysia Pinang. Jenis Kelamin. Pakan penguat atau konsentrat adalah pakan ternak yang mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Malahan dalam jangka panjang ada kecenderungan menambah keuntungan dengan meningkatnya produksi buah kelapa.

Pertumbuhan bobot badan sapi bali Rata-rata pertumbuhan bobot badan sapi bali jantan pada ketiga perlakuan dapat dilihat pada Gambar 1. Penentuan kualitas pakan tersebut berdasarkan tinggi rendahnya kandungan nutrisi zat pakan dan kadar serat kasar. Cara Pemilihan Bakalan Bakalan yang baik untuk digunakan sebagai bahan penggemukan adalah: Produksi Daging Sapi Potong.Pertambahan Bobot Badan Pertambahan bobot badan (PBB) sapi Bali yang diberi pakan complete feed dapat disajikan pada Tabel 2 berikut.

Tabel 2. Rerata bobot badan (BB), pertambahan bobot badan harian (PBBH), dan feed conversion ratio (FCR) Sapi Bali yang diberi pakan complete feed. 10/20/ · Metode pemeliharaan dan penggemukan pada sapi bali serta pengaruh manajemen pemeliharaan pada tingkat pemberian pakan yang berbeda dengan konsentrasi yang berbeda pula dalam pengaruhnya pada pertambahan berat badan sapi bali yang dipelihara secara ekstensif, system perkandangan, lama pemeliharaan.

9/13/ · Ternak sapi yang dipelihara peternak di NTB sebagian besar adalah bangsa sapi Bali, sebagian lainnya merupakan sapi potong unggul seperti Simental, Limousine dan Bangus (keturunan Brahman-Angus). Pada kondisi yang sama pertambahan berat badan harian (PBBH) sapi lokal (sapi Bali) lebih rendah dibandingkan sapi-sapi potong unggul.

mengalami pertambahan berat mengikuti perkembangan badan selama proses pertumbuhan sampai mencapai dewasa tubuh Hal yang tidak kalah penting yang mesti dilakukan adalah melakukan pengamatan terhadap pertumbuhan dari bagian-bagian tubuh, terutama dimensi panjang tubuh dan lingkar tubuh, yaitu untuk menggambarkan pertumbuhan tulang dan daging.

PERTAMBAHAN BOBOT BADAN DAN KONVERSI PAKAN SAPI

9/14/ · Bobot badan sapi yang digemukkan baik kelompok sapi P1 maupun P2 terus mengalami peningkatan. Laju pertambahan bobot badan sapi P2 lebih baik dibandingkan dengan P1, terbukti dari bobot akhir yang lebih tinggi yaitu rata-rata kg, berbanding kg meskipun bobot awal dari P1 lebih berat 2 kg yaitu kg berbanding kg (Grafik 1).Author: Vancojero.

Pertambahan Berat Badan Harian (PBBH) pada sapi Bali antara 0,4 – 0,8 kg/ekor/hari atau rata-rata 0,5 kg/ekor/hari, meskipun di tingkat petani lebih banyak yang kurang dari 0,4 kg/ekor/hari. Dengan demikian kalau diambil angka rata-rata 0,5 kg/ekor/hari maka penggemukan selama 4 bulan ( hari) akan mendapatkan Pertambahan Berat Badan.

Pertambahan berat badan sapi bali
Rated 3/5 based on 75 review