Skema metabolisme bilirubin

Syndroma Gilbert, terjadi karena haemolisis bersama dengan penurunan uptake bilirubin oleh hepatosit dan penurunan aktivitas enzym konjugasi dan diturunkan secara autosomal dominan. Jumlah bilirubin yang terhidrolisa menjadi bilirubin indirek meningkat dan tereabsorpsi sehingga sirkulasi enterohepatis pun meningkat.

Metabolisme Bilirubin

Pemeriksaan feses yang menunjukkan adanya perubahan warna feses menjadi akolis menunjukkan terhambatnya aliran empedu masuk ke dalam lumen usus pigmen tidak dapat mencapai usus. Masa inkubasi bervariasi antar 2 minggu hingga 6 bulan. Grup heme yang berisi materi yang lebih keras tidak dapat digunakan lagi oleh badan serta dirubah jadi pigmen bilirubin lalu ditambahkan ke empedu untuk diekskresi dari badan.

Reaksi obat yang terduga berkaitan dengan dosis dan mengenai semua pasien yang menerima dosis toksik tersebut. Lobus kiri serta kanan menjadi lobus besar yang utama serta lobus caudate serta quadrate yang lebih kecil.

Bilirubin terkonjugasi bereaksi cepat dengan asam sulfanilat yang terdiazotasi membentuk azobilirubin. Ca, Fe, Cu 2. Mekanisme yang dimengerti dengan baik yaitu katabolisme eritrosit di limpa 2. Hepatosit dan jaringan hati mudah mengalami regenerasi. Dari skema ini menunjukan mekanisme pembentukan dan eksresi Bilirubin dalam empedu yaitu bila sel darah merah habis masa hidupnya hari maka menjadikannya tidak bertahan lama dalam system sirkulasi, kemudian membran selnya pecah dan hemoglobin yang terlepas difagisotosis oleh jaringan makrofag system retikulo endothelia di seluruh tubuh.

Aliran tersebut sewaktu-waktu seperti disemprotkan karena secara intermiten tekanan saluran empedu akan lebih tinggi daripada tahanan sfingter. Eskresi Bilirubin Bilirubin konjugasi dikeluarkan ke dalam kanalilculus bersama bahan lainnya.

Gangguan uptake bilirubin ke system hepatika - Sind. Dari sel yang nekrosis ini juga dihasilkan enzim-enzim hati yang dapat dijadikan suatu petanda terjadinya kerusakan sel hati. Hepatocytes — adalah suatu sel yang dimaksud cuboidal epithelial sebagai aliran dalam sinusoid serta melakukan perbaikan hampir semua sel dalam hati.

Aktivitas UDP-glukoronil transferase dapat diinduksi oleh sejumlah obat misalnya fenobarbital. Tingkat kenaikan dari aminotransferase dapat membantu dalam membedakan proses hepatoselular dan kolestasis. Internal Publishing. Ikterus Ikterus bisa terjadi karena berbagai kelainan mulai dari penyakit akut misalnya hepatitis A sampai penyakit kronis tahap terminal, yang mungkin tetap subklinis sampai titik tertentu misalnya penyakit hati kronis dekompensata.

Resorbsi kembali bilirubin dari saluran cerna dan kembali ke hati untuk dikonjugasi disebut sirkulasi enterohepatik.

Hilangnya berat badan, massa abdomen, nyeri yang menjalar ke punggung, jaundice yang semakin dalam, mungkin ditimbulkan karsinoma pankreas. Bilirubin yang terikat dengan albumin serum ini tidak larut dalam air dan kemudian akan ditransportasikan ke sel hepar.

United States of America: Lig falciformis membagi hepar secara topografis bukan scr anatomis yaitu lobus kanan yang besar dan lobus kiri.

Obstruksi bilier ekstrahepatik dapat disebabkan oleh beragam gangguan termasuk koledokolitiasis, striktur bilier benigna, kanker periampular, kolangiokarsinoma, atau kolangitis sklerosing primer. Distensi vena jugularis, tanda gagal jantung sisi kanan, menunjukkan kongesti hati.

Tinja sering berwarna pucat karena lebih sedikit yang bisa mencapai saluran cerna usus halus. Detoksifikasi Pengeluaran Toksin Saat darah yang datang dari organ pencernaan melalui portal aliran hepatic, hepatocytes dalam hati mencermati isi darah itu serta buang material yang punya potensi mempunyai toksin sebelum sampai semua badan.

Malaria Adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh sporozoa dari genus plasmodium. Apoprotein dari hemoglobin dihidrolisis menjadi komponen asam-asam aminonya. Dalam setiap 1 gr hemoglobin yang lisis akan membentuk 35 mg bilirubin dan tiap hari dibentuk sekitar — mg pada seorang dewasa, berasal dari pemecahan hemoglobin, proses erytropoetik yang tidak efekif dan pemecahan hemprotein lainnya.

Metabolisme bilirubin meliputi pembentukan bilirubin, transportasi bilirubin, asupan bilirubin, konjugasi bilirubin, dan ekskresi bilirubin Dalam keadaan fisiologis pada manusia dewasa, eritrosit dihancurkan setiap jam.

Drainase dapat dilakukan keluar tubuh misalnya dengan pemasangan pipa nasobilier, pipa T pada duktus koledokus atau kolesistotomi.

HEPATITIS A

Memasuki hati, albumin melepaskan ikatan dengan bilirubin, dan memasuki hepatosit. Pertama pembentukan biliverdin berantai lurus. Bilirubin ditransfer melalui membran sel ke dalam hepatosit sedangkan albumin tidak.

Sebuah nodul hati nodular atau massa abdomen yang jelas menunjukkan keganasan. Ekskresi bilier Fase Prahepatik 1. Hal ini terutama berguna pada pasien dengan kontraindikasi untuk dilakukan ERCP.

Bilirubin yang terikat pada albumin bersifat nontoksik 2.Metabolisme Bilirubin Untuk mendapat pengertian yang Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak A. Peran Keluarga Dalam Mewujudkan Kepribadian Anak Ayah dan ibu adalah teladan pertama bagi pembentukan pribadi anak.

METABOLISME PORFIRIN DAN SINTESIS HEME Ema Qurnianingsih, dr., M.Si

Metabolisme bilirubin diawali dengan reaksi proses pemecahan heme oleh enzim hemoksigenase yang mengubah biliverdin menjadi bilirubin oleh enzim bilirubin reduksitase.

Sel retikuloendotel membuat bilirubin tak larut air, bilirubin yang sekresikan ke dalam darah diikat albumin untuk diangkut dalam plasma. Hepatosit adalah sel yang dapat melepaskan ikatan, dan mengkonjugasikannya dengan Author: MY POSTING.

Bilirubin tak terkonjugasi berikatan dengan albumin dan ditranspor melalui darah, lalu diabsorbsi oleh hati. Di hati, bilirubin dilepas dari albumin dan dikonjugasi dengan asam glukuronat, dan sebagian dikonjugasi dengan sulfat.

Dalam bentuk konjugasi inilah, bilirubin diekskresi dalam empedu ke dalam usus. Dai usus, bilirubin terkonjugasi diubah menajdi menjadi urobilinogen (Guyton, ).

Sampel yang mengandung bilirubin harus disimpan dalam botol / wadah yang bewarna gelap dan disimpan dalam lemari es bila tidak langsung diperiksa, sebab sinar matahari dapat mengoksida bilirubin sehingga kadarnya menurun atau hilang sama vsfmorocco.com: 1c.

Metabolisme Bilirubin Untuk mendapat pengertian yang cukup mengenai masalah ikterus pada neonatus, perlu diketahui sedikit tentang metabolisme bilirubin pada janin dan neonatus.

Perbedaan utama metabolisme ini ialah bahwa pada janin melalui plasenta dalam bentuk bilirubin vsfmorocco.com: Nurse. TINJAUAN PUSTAKA I. DEFINISI Ikterus adalah perubahan warna kulit, sklera mata, atau jaringan lainnya (membran mukosa) yang menjadi kuning karena pewarnaan oleh bilirubin yang meningkat konsentrasinya dalam sirkulasi darah (Sulaiman, ).

Skema metabolisme bilirubin
Rated 4/5 based on 31 review